Jumat, 14 Juni 2013

Pulau Lemukutan 2013, Singkawang - Kalimantan Barat.

setelah dari pulau randayan, kami menuju pulau lemukutan yang tak jauh dari randayan. disana banyak pemukiman asri dan dominan nelayan, bertani cengkeh, dsb.

peta pulau lemukutan dansekitarnya
pukul 12.50 WIB baru saja mendarat di ubun-ubun kami, berangkat menggunakan perahu yang tadi dan tak lama sampai di teluk china, pulau lemukutan. seperti biasa, kamera jadi panduan perjalanan kami. wajah sedikit gosong, matahari senyumannya berlebihan.

tugu informasi PNPM pulau lemukutan
penulusuran jalan pinggiran pulau menuju kediaman teman ivan atau tepatnya supir perahu tadi. jajaki jalan selebar satu meter setengah,  rasa cape sih tak selalu mematahkan semangat, hanya haus dari tadi belu ilang. sesampainya di rumah abang-abang tadi kami disuguhi makanan dan minuman es kelapa muda. baik sekali..
tak pikir panjang, kami bantai itu semua. 
sehabis makan minum dan beristirahat, kami berencana menyelam di laut dangkal dekat pulau, dengan dasar terumbu karang dan ikan-ikan kecil menggemaskan. hanya sebagian yang jago renang. aku, ivan hanya nikmati basahnya saja. di pesisir ibnu dan bandi sibuk potrat-potret kami dan alam sekitar. 

wajah-wajah tak bisa renang, mengkhawatirkan

airnya yang jernih membuat dasar laut kelihatan jelas dengan mata telanjang. 

air lautnya jernih
pantainya di penuhi batu-batu karang laut dengan berbagai macam bentuk. jadi bagi yang reumatik, mungkin bisa jadi alternatif. selagi menyelam kami lihat ikan-ikan kecil berwarna hitam. kagum


ka dek siap menyelam *okesip

sematkan foto-foto

"berenanglah sampai kenegeri cina" peribahasa ini mungkin telah berulang kali di sampaikan guru kita. nah itu jadi pedoman bagi mereka berdua, jauh dari kami berenang lepas ke dekat laut agak dalam. lihat apa mereka? entahlah , yang pasti semua ini indahnya tak bisa dibahas sesingkat yang dikira.

tuh yang jago renang lagi asik liat nemo

keindahan mungkin sayang untuk dilewatkan begitu saja, kami perlu mengabadikannya. bandi asik memotret orang-orang yang lagi asik berenang atau sekadar melihat ikan.

Bandi asik motret
training singkat tentang fotograpi
ibnu cari inspirasi di belakang pohon
berbagai posisi telah kami jelajahi disini, lautnya kernih. "jernihkan mata dan telinga, maka sesuatu yang belum terpandang sebelumnya nampak indah meski diraut hitam, tak sempat mulut berbicara"

layaknya anak pulau hinggap di pohon



serempak perhatikan wani berenang,, heuheu
Pulau Lemukutan, masih asri dengan terumbu karang. semoga lain kali jika kami ajak anak cucu kami kesini masih terjaga atau makin dilestarikan.

penjaga pulau 

cie elah..


sesi pulau lemukutan, selesai... 

1 komentar:

rynasafitri mengatakan...

Konsep perencanaan pemanfaatan perairan pulau Lemukutan ..
https://www.youtube.com/watch?v=dCBLaz5otFw

Posting Komentar